PENINGKATAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS XI IPA3 SMA NEGERI 1 BANDA ACEH

Main Author: Safiruddin, Safiruddin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Sidik Sasat , 2017
Online Access: http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/58
http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/58/55
Daftar Isi:
  • Rendahnya hasil belajar siswa kelasXI IPA3 SMA Negeri 1 Banda Aceh pada pokok bahasan Trigonometri mendasari pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Pokok Bahasan Trigonometri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Trigonometri siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Banda Aceh, pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2013-2014 selama 4 bulan, yaitu Agustus hingga Nopember 2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Banda Aceh tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 10 siswa dan 22 siswi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi keaktifan kelompok, tes hasil belajar, dan angket kinerja guru. Data yang diperoleh direkapitulasi untuk kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif sederhana. Tolak ukur keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila sekurang-kurangnya 75% hasil belajar siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Banda Aceh pada pokokb ahasan Trigonometri sudah mencapai sekurang-kurangnya 75. Setelah dilaksanakan tindakan, yaitu pembelajaran Trigonometri dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD, pemahaman siswa meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas yang sebelumnya 55,93 pada pra siklus menjadi 67,31 pada siklus I. Meski telah terjadi peningkatan namun belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan sehingga dilaksanakan tindakan pada siklus II. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 67,31 pada siklus I menjadi 75,31 pada siklus II. Secara signifikan, hal ini berdampak pada ketuntasan belajar siswa. Dimana pada pra siklus hanya 7 siswa (21,88%) tuntas belajar meningkat menjadi 19 siswa (51,38%) pada siklus I, dan meningkat menjadi 27 siswa (84,38%) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Trigonometri siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Banda Aceh. Kata kunci : , ,