PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMPN 1 TIRO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: Saputra, Nanda
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Sidik Sasat , 2017
Online Access: http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/57
http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/57/54
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui peranan penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan media audio visual siswa kelas VIII Semester II SMPN 1 Tiro Tahun Pelajaran 2014/2015. 2) untuk mengetahui respons siswa terhadap penggunaan media audio visual dalam pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, satu siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes (tes uraian pertama dan kedua) dan nontes (observasi, lembar observasi, dan kuesioner). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan media audio visual. Pada saat pratindakan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 59,76. Setelah diadakan tindakan melalui dua siklus nilai rata-rata yang diperoleh adalah 87,14. Dengan demikian dapat dilihat adanya perubahan nilai yang diperoleh siswa menjadi lebih baik saat menggunakan media audio visual, ini membuktikan bahwa penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa berdampak positif dan memberikan dalam pembelajaran menulis teks berita.