UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS BERBENTUK PROCEDURE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS IX-9 SMP NEGERI 7 TEBING TINGGI

Main Author: Daulay, Helvi Andriani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Sidik Sasat , 2017
Online Access: http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/56
http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/56/53
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk Procedure dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match. Subjek penelitian siswa kelas IX-9 semester 2 SMP Negeri 7 Tebing Tinggi tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Hasil penelitian ini adalah 1) penggunaan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IX - 9 SMP Negeri 7 Tebing Tinggi pada semester II tahun pelajaran 2016-2017. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui evaluasi/test tulis dengan rata-rata nilai siswa pada siklus I adalah 60,55 meningkat pada siklus II menjadi 70,36, 2) penggunaan model pembelajaran Make A Match dan media pembelajaran video dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan prosentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 43% meningkat pada siklus II menjadi 75%.