UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS BERBENTUK PROCEDURE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS IX-9 SMP NEGERI 7 TEBING TINGGI
Main Author: | Daulay, Helvi Andriani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Sidik Sasat
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/56 http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/56/53 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk Procedure dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match. Subjek penelitian siswa kelas IX-9 semester 2 SMP Negeri 7 Tebing Tinggi tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Hasil penelitian ini adalah 1) penggunaan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IX - 9 SMP Negeri 7 Tebing Tinggi pada semester II tahun pelajaran 2016-2017. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui evaluasi/test tulis dengan rata-rata nilai siswa pada siklus I adalah 60,55 meningkat pada siklus II menjadi 70,36, 2) penggunaan model pembelajaran Make A Match dan media pembelajaran video dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan prosentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 43% meningkat pada siklus II menjadi 75%.