PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI PECAHAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI TUNGKOP JAYA
Main Author: | Fazlina, Fazlina |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Sidik Sasat
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/55 http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/55/52 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Penerapan Metode Demontrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Pecahan Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SD Negeri Tungkop Jaya”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode demontrasi dalam pembelajaran matematika kelas V pada SD Negeri Tungkop Jaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilaksanakan dengan persiapan pembuatan perangkat pembelajaran, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi diri. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perolehan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pada siklus I : 47,19, siklus II: 70, dan siklus III: 90. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I: 9,38%, siklus II : 75%, dan siklus III: 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan, penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam menyelesaikan soal operasi berhitung, Hal ini terlihat dengan besarnya partisipasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung, serta adanya minat siswa untuk berbagi pengalaman dan informasi bersama temannya. Sehingga semua siswa dapat memahami setiap materi yang disampaikan baik melalui penjelasan peneliti maupun melalui bimbingan dan arahan temannya.