PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PARE-SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV MIN TANJONG BUNGONG
Main Author: | Fahmi, Arizal |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Sidik Sasat
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/54 http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/54/51 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pare-Share (TPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV MIN Tanjong Bungong”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV MIN Tanjong Bungong. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilaksanakan dengan persiapan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi diri. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perolehan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pada siklus I nilai rata-rata diperoleh siswa adalah 51,2, siklus II nilai rata-ratanya adalah 72, dan siklus III nilai rata-rata individunya 91,4. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I : 20%, siklus II : 60%, dan siklus III : 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan, penerapan model TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan guru senantiasa meningkatkan keahliannya dalam menggunakan model TPS sehingga peserta didik tidak bosan dan lebih bersemangat mengikuti pelajaran serta memahami pembelajaran matematika. Untuk mengembangkan kemapuan siswa dalam proses pembelajaran matematika, sebaiknya guru menggunakan model TPS sehingga siswa mampu memahami materi dalam pembelajaran matematika.