PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEYAKINAN (BELIEF) MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 TAKENGON
Main Author: | Rahmadhani, Elfi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Sidik Sasat
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/53 http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/53/50 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui bagaimana keyakinan (belief) siswa terhadap matematika setelah mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Design. Sampel penelitian adalah kelas IX.2. sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.4 sebagai kelas kontrol.Instrumen penelitian adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang diberikan kepada kedua kelas sampel dan angket keyakinan (belief) matematika yang diberikan kepada kelas eksperimen. Berdasarkan analisis hasil belajar diperoleh bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelompok siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis terhadap angket keyakinan (belief) matematika yang diberikan sebelum dan sesudah pemberian pendekatan kontekstual, secara umum persentase keyakinan (belief) siswa terhadap matematika lebih tinggi setelah diterapkannya pendekatan kontekstual.