UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN GRAMATIKA SISWA DENGAN TEKNIK MISTAKE BUSTER DI KELAS VII SMP NEGERI 7 TEBING TINGGI
Main Author: | Daulay, Helvi Andriani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Sidik Sasat
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/49 http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/49/46 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahu peningkatan kemampuan penguasaan gramatika siswa dengan teknik Mistake Buster. Subjek penelitian siswa kelas VII-4 semester 2 SMP Negeri 7 Tebing Tinggi tahun ajaran 2015/2016.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Hasil penelitian dengan teknik Mistake Buster.dapat meningkatkan penguasaan gramatika siswa kelas VII-4 SMP Negeri 7 Tebing Tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dari adanya peningkatan capaian nilai rerata dari 25,59 (sangat kurang) pada tes awal, menjadi 71,38 pada tes akhir 1 siklus I, kemudian 72,36 (cukup) pada tes akhir 2 siklus II, dan menjadi 75,67 pada tes akhir 3 siklus III. Jadi, strategi pembelajaran yang mengupayakan siswa untuk belajar menemukan kesalahan sendiri dan memperbaikinya dapat membantu pemahaman mereka terhadap aturan gramatika yang dipelajari yaitu Simple Present Tense, Present Continuous Tense, Simple Past dan Present Perfect (regular verb).