PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
Main Author: | Saragih, Risna Mira Bella |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Sidik Sasat
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/48 http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/48/45 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan STAD kelas VII MTs Al Washliyah 16 Perbaungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al Washliyah 16 Perbaungan dan yang dijadikan sebagai sampel sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika.Dari hasil penelitian kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen A yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, diperoleh rata-rata postes sebesar 78,61, varians 85,22, dan simpangan baku 9,23. Sedangkan dari kelas eksperimen B yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, diperoleh rata-rata postes sebesar 70,78, varians 52,18, dan simpangan baku 7,22. Dari pengujian hipotesis pada taraf nyata α=0,05 dengan dk=36 diperoleh thitung >ttabel atau 4,00> 1,997. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Antara Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Student Teams Achievement Division (STAD) Kelas VII MTs Al Washliyah 16 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2016-2017.