Kesulitan Pembelajaran Qawaid Dimadrasah Tsanawiyah (Kajian pada MTsN Jagong)
Main Author: | Hamdan, Hamdan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Sidik Sasat
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/136 http://jurnal.stain-gp.ac.id/index.php/sidik-sasat/article/view/136/110 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji tentang fenomena-fenomena kesulitan pembelajaran qawaid dari aspek yang dihadapi guru dan siswa yang membutuhkan kepada analisa untuk keefektifan proses belajar mengajar qawaid. Yang terfokus pada proses pembelajaran dan kesulitan-kesulitan yang ditemukan di madarasah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menemukan kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru dan murid dalam proses pembelajaran Bahasa Arab.Penelitian ini menggunakan metode deskriptip pendekatan kualitatif,sumber data guru bahasa Arab dan juga para siswa kelas dua. Tehnik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi,wawancara dan dekumen- dokumen yang mendukung. Sedangkan hasil penelitian yang didapatkan adalah bahwa pelaksanaan pengajaran qawaid pada madrasah ini tidaklah berjalan sebagaimana mestinya dan kesulitan-kesulitan yang di hadapi guru adalah banyaknya materi pembelajaran yang tidak sesuai dengan waktu yang tersedia serta sukarnya memilih metode yang sesuai karena perbedaan individual siswa. Kesukaran yang di hadapi oleh para siswa adalah kurangnya kompetensi bahasa yang cukup dan adanya pemikiran para siswa bahwa pembelajaran ini sukar dan tidak penting dalam kehidupan masa depan mereka sehingga mengurangi minat dan motivasi mereka dalam pembelajaran ini.