Konsep Pendidikan Akhlak Pribadi Perspektif Yunahar Ilyas dalam Buku Kuliah Akhlaq

Main Authors: Astuti, Nur Riska Dewi, Zaitun, Zaitun
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau , 2021
Subjects:
Online Access: https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/26461
https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/26461/9737
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pendidikan akhlak pribadi perspektif Yunahar Ilyas dalam buku Kuliah Akhlaq. Agar tujuan tersebut dapat tercapai, maka digunakan penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) yang berhubungan dengan isi yang terkandung dalam buku Kuliah Akhlaq karya Yunahar Ilyas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan akhlak pribadi perspektif Yunahar Ilyas yang terdapat dalam buku Kuliah Akhlaq adalah pendidikan akhlak terhadap rohani. Yunahar Ilyas berusaha menanamkan nilai-nilai akhlak pribadi dengan cara memaparkan akhlak yang dikategorikan akhlak pribadi yang terkhusus terhadap rohani atau jiwa. Akhlak pribadi dalam buku tersebut, terdapat beberapa yang dipaparkan dengan bentuk-bentuknya, yaitu; seorang muslim harus memiliki sifat benar lahir batin, menjaga amanah yang telah dititipkan, menjaga kehormatan diri dari segala hal yang akan merendahkan, merusak dan menjatuhkan, bersungguh-sungguh untuk melepaskan diri dari segala hal yang menghambat pendekatan diri terhadap allah SWT, berani yang berlandaskan kebenaran, rendah hati dalam pergaulan masyarakat, malu melakukan sesuatu yang tidak baik, sabar dari segala hal yang tidak disukai, dan yang tidak dipaparkan dengan bentuknya namun tetap jelas untuk dipahami dengan baik, yaitu; teguh pendirian dalam mempertahankan keimanan dan keislaman, pemaaf terhadap kesalahan orang lain. Akhlak pribadi sangat penting dimiliki setiap muslim agar tujuan pendidikan bisa tercapai dan buku ini bisa dijadikan sumber bacaan tentang konsep pendidikan akhlak pribadi.