PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Main Author: | MITERIANIFA, MELIAZA, MITERIANIFA, MELIZA MITERIANIFA, MELIZA |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Potensia
|
Online Access: |
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/1455 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/1455/1249 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian kuasieksperimen, yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa yang rendah. Untuk itu peneliti menerapkan strategi pembelajaran FIRE-UP. Strategi pembelajaran FIRE-UP ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan larutan asam dan basa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran FIRE-UP dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dengan metode ceramah. Teknik pengumpulan datadalam penelitian ini menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran FIRE-UP dan satu pertemuan untuk postes. Untuk melihat peningkatan hasil belajar kimia siswa dilakukan uji t-test. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung 5, 40 dan pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel 1,67, maka thitung> ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan asam dan basa dengan penerapan strategi pembelajaran FIRE-UP kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Dimana peningkatan hasil belajar siswa dengan gain ternormalisasi didapat 0,79 dengan kategori tinggi pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol didapat gain ternormalisasi sebesar 0,56 pada kategori sedang