POLA PEMBINAAN KEAGAMAAN PADA SISWA SEKOLAH LUAR BIASA PELITA HATI PEKANBARU
Main Author: | SARIAH, SARIAH SARIAH |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Potensia
|
Online Access: |
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/1453 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/1453/1247 |
Daftar Isi:
- Setiap orang memerlukan layanan pendidikan, karena pendidikan merupakan dasar bagi kehidupan untuk memperoleh informasi dan pengetahuan untuk mengembangkan dirinya baik di keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat.Sebagai anak yang terbelakang mentalnya tunagrahita mengalami keterbelakangan kecerdasan tetapi tetap masih memiliki potensi yang dapat dikembangkan, ciri utamanya anak ini memiliki kelemahan dalam berfikir dan menalar. Dampak dalam kelemahannya adalah memiliki kemampuanm belajar dan adaptasi sosial di bawah rata-rata anak normal.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan keagamaan bagi anak pada siswa Sekolah Luar Biasa Pelita Hati Pekanbaru , sedangkan manfaat secara praktis adalah sebagai informasi bagi para pengelola, pendidik, pembina, juga sebagai rujukan bagi keluarga dan masyarakat yang memiliki anak tunagrahita dalam mengembangkan potensi anaknya, khususnya nilai - nilai keagamaan yang merupakan bekal dasar dalam hidup ini, dan secara teoritis hasil penelitian ini nanti diharapkan memperoleh informasi yang dapat dijadikan prinsip - prinsip mengenai pembinaan nilai keagamaan pada siswa tunagrahita.Pola pembinanan keagamaan yang dilakukakan oleh Sekolah Luar Biasa Pelita Hati melalui bidang studi agama, sains, PKN dan memperingati Hari Besar Keagamaan, Pengajian dengan menggunakan alat peraga, benda-benda kongkrit sebagai media yang mudah difahami oleh siswa dengan menggunakan pola transendental. Dengan pola ini guru dituntut untuk mampu mentranformasikan ilmu dan memberi contoh dengan berbagai pendekatan dan kesadaran dalam membina keagamaan siswa tungrahita