FILSAFAT PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN REALITASSOSIAL PESPEKTIF AL-QURAN

Main Author: Rusdi, Rusdi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Potensia
Subjects:
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/1040
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/1040/944
Daftar Isi:
  • Al-Quran diturunkan dengan berbahasa Arab, agar manusia mempelajarainya untuk kepentingan hidup bermasyarakat dan bersosial. Realitas bahasa sebagai simbol-simbol makna, kata “ makna “ pada dasarnya merupakan masalah yang senantiasa hadir dalam lingkungan setiap manusia, yang memungkinkan seorang manusia untuk dapat menyimpan seluruh konsep dalam pikirannya dalam bentuk simbol-simbol, sehingga membantunya dalam mewujudkan perkembangan yang signifikan dalam mendapatkan ilmu pengetahuan. Ada tiga pilar penting dalam kerangka keilmuan menurut tinjauan filsafat yang tidak dapat ditinggalkan yaitu ontologi, asas penetapan ruang lingkup serta asas penafsiran akan hakikat pokok objek pengetahuan, epistemologi, merupakan asas metodologi pemerolehan dan penyusunan bangunan pengetahuan, dan aksiologi, merupakan asas tujuan dan pemanfaatan pengetahuan