HUBUNGAN KENDALI MUTU DENGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP BPJS KESEHATAN DI RSD KH. DAUD ARIF KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT TAHUN 2017

Main Author: Yunartha, Matda
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: SCIENTIA JOURNAL , 2018
Online Access: http://ejournal.unaja.ac.id/index.php/SCJ/article/view/7
http://ejournal.unaja.ac.id/index.php/SCJ/article/view/7/5
Daftar Isi:
  • Kualitas pelayanan merupakan totalitas dari bentuk karakteristik barang dan jasa yangmenunjukkan kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan pelanggan, baik yang nampakjelas maupun yang tersembunyi. Pemberian pelayanan yang berkualitas pada pelangganmerupakan hal mutlak yang harus dilakukan apabila perusahaan ingin mencapaikeberhasilan. Pelayanan kesehatan sendiri pada dasarnya merupakan suatu bentukpengabdian kepada kepentingan masyarakat banyak dan tidak dapat diartikan sebagai unsuruntuk mencari keuntungan pribadi atau golongan. Oleh karena itu, mutu pelayanankesehatan di rumah sakit harus berkualitas untuk mewujudkan suksesnya program JKN(Jaminan kesehatan Nasional).Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kendalimutu dengan kualitas pelayanan kesehatan pasien rawat inap BPJS Kesehatan di RSD KH.Daud Arif Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifmenggunakan desain penelitian cross sectional.Populasi dalam penelitian ini seluruh perawat ruang Rawat Inap berjumlah 87 orang denganteknik pengambilan sampel total sampel yaitu sebanyak 87 sampel. Penelitian inimenggunakan analisis univariat dan bivariat dengan melakukan wawancara menggunakankuesioner.Hasil penelitian ini diketahui kualitas pelayanan kurang baik dari 87 responden sebanyak 38responden (43,7%) dan baik sebanyak 49 responden (56,3%). Untuk sosialisasi kewenangantenaga kesehatan dalam menjalankan praktik profesi terdapat 31 responden (35,6%) kurang baik, 39 responden (44,8) memiliki UR (utilization review) kurang baik. Hanya 33 responden(37,9) memiliki audit medis kurang baik,dan sebanyak 43 responden (49,4%) memilikikualitas pelayanan kurang baik dalam pembinaan etika dan disiplin profesi tenaga kesehatan. Ada hubungan yang bermakna antara kendali mutu dengan kualitas pelayanankesehatan pasien Rawat Inap BPJS Kesehatan.Untuk itu, pelayanan kesehatan bermutu jika pelayanan dilakukan dengan cepat tanggap,adanya keramahan dari tenaga medis, melakukan reaudit perbaikan dan memilikikemampuan praktek.