GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL TERHADAP PELAYANAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS TALANG BAKUNG KOTA JAMBI TAHUN 2012
Main Authors: | Riastawaty, Dewi, Sondang, Sondang |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
SCIENTIA JOURNAL
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.unaja.ac.id/index.php/SCJ/article/view/369 |
Daftar Isi:
- Secara Nasional saat ini cakupan pelayanan antenatal baik dari segi kuantitas maupun kualitasmasih tergolong rendah, hal ini di sebabkan karena jumlah petugas pengelola dan pelaksanaanprogran kesehatan ibu dan anak (KIA) di Puskesmas di rasakan masih kurang, di samping ituterbatasnya pengetahuan, keterampilan, sarana yang tersedia serta masih rendahnyapemanfaatan sarana institusi oleh masyarakat. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia(SDKI) tahun 2007, cakupan pelayanan kunjungan baru ibu hamil (K1) di Indonesiaberdasarkan data dari Puskesmas, sebesar 63,96 %. Angka capaian ini belum merupakan K1murni melainkan jumlah kunjungan pertama ibu hamil (kontak pertama). Untuk meningkatkancakupan K1, perlu adanya sosialisasi terutama bagi ibu hamil untuk memeriksakan dirikePuskesmas. Sedangkan cakupan K4 adalah 79,84% dari 25,521 orang ibu hamil. Tujuanpenelitian ini untuk melihat gambaran tingkat kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan antenatalcare di Puskesmas Talang Bakung Kota Jambi Tahun 2012.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifdengan rancangan cross sectional. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di Puskesmas TalangBakung Kota Jambi dari bulan Januari s/d Juni 2012 yang berjumlah 408 orang. Pengambilansampel pada penelitian diambil 10% yaitu sebanyak 41 orang dengan menggunakan teknikaccidental sampling. Pengumpulan data melalui pengisian kuesioner dan dianalisis secaraunivariat.Hasil penelitian bahwa sebanyak 17 responden (41,5%) puas terhadap pelayanan antenatalcare, dan sebanyak 24 responden (58,5%) kurang puas terhadap pelayanan antenatal care.Sebanyak 25 responden (61,0%) interaksi bidan dengan ibu hamil baik, dan sebanyak 16responden (39,0%) interaksi bidan dengan ibu hamil kurang baik. Sebanyak 19 responden(46,3%) informasi bidan dengan ibu hamil baik, dan sebanyak 22 responden (53,7%) informasibidan dengan ibu hamil kurang baik.Dengan demikian maka Puskesmas Talang Bakung Kota Jambi agar lebih meningkatkanpenyuluhan kesehatan dan informasi tentang pelayanan antenatal care dengan caramemberikan leaflet atau brosur serta poster pelayanan antenatal care dan melengkapi saranadan prasarana antenatal care.