PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Main Authors: Wiyono, Eko, Herawati, Herawati; Magister Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor, Yanuardi, Yanuardi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/1508
http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/1508/Artikel_EkoWiyono
Daftar Isi:
  • Dalam proses pembelajaran peran guru sangat dominan baik dalam menyiapkan, menyusun dan memprogram proses pembelajaran di kelas. Kondisi pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered), guru aktif, dan siswa cenderung bersikap pasif sehingga proses pembelajaran kurang melibatkan peran siswa secara fisik maupun mental dalam kegiatan pembelajaran. Siswa sebagai subyek belajar di programkan agar memperoleh hasil belajar yang guru (teacher centered), guru aktif, dan siswa cenderung bersikap pasif sehingga proses pembelajaran kurang melibatkan peran siswa secara fisik maupun mental dalam kegiatan pembelajaran. Dalam upaya untuk membantu memecahkan permasalahkan tersebut diatas, maka dilakukanlah penelitian ini dengan tujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA di SD N CURUG Cibinong.