Implementasi Model Pembelajaran Diskusi Kelas Upaya Meningkatkan Minat Peserta Didik Di Kelas VIII MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan

Main Authors: Dongoran, Putoro, Tuah, Sahlan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial , 2019
Online Access: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/940
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/940/632
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat peserta didik terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar implementasi model pembelajaran diskusi kelas upaya meningkatkan minat belajar mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian Asosiatif. Instrumen penelitian adalah angket . Penulis menetapkan skor tertinggi yaitu 5 dan terendah 1. Berdasarkan analisis diatas maka diperoleh rhitung 0,835 dengan melihat daftar rtabel dengan jumlah tabel 28, selanjutnya dikonsultasikan dengan rtabel dengan taraf kesalahan yang yang ditetapkan 1% maka diperoleh harga 0,478 ternyata rhitung lebih besar dari pada rtabel yakni 0,835>0,478, maka hipotesis alternative (Ha) dapat diterima artinya ada implementasi model pembelajaran diskusi kelas upaya meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas VIII MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan.Kata Kunci: Pembelajaran Diskusi Kelas, Minat Belajar.