PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN PEMBELAJARAN PRODUKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR PPKNPESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 ULU BARUMUN TAHUN PELAJARAN 2016 – 2017
Main Authors: | Nasution, Ahmad Husein, Siregar, Ali Nurdin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
, 2019
|
Online Access: |
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/776 http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/776/597 |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbandingan model pembelajaran kreatif dengan model pembelajaran produktifterhadap minat belajar PPKn peserta didik di kelas X SMA Negeri 1Ulu Barumun Tahun Pelajaran 2016-2017“?Dengan rumus yang dipergunakan untuk menguji hipotesis dimaksud adalah rumus “t-test polled varians.”Dari perhitungan t-test polled varians tersebut maka t-hitungnya adalah 6,667 dengan melihat daftar t-tabel dengan jumlah sampel 60 kemudian digunakan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 dan taraf kesalahan 5% adalah Sesuai dengan ketentuan jika thitung> ttabel dengan kata lain (6,667< 2000) maka hipotesis altematif (Ho) dapat diterima. Dari perhitungan di atas, maka hipotesis alternatif (Ho) menyatakan: “Ada perbandingan model pembelajaran kreatif dengan model pembelajaran produktif terhadap minat belajar PPKnpeserta didik di kelas X SMA Negeri 1Ulu Barumun Tahun Pelajaran 2016-2017“? Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung 6,667 sedangkan nilai ttabel = 2000, ini menunjukkan thitung> ttabel, artinya ada perbandingan model pembelajaran kreatif dengan model pembelajaran produktif terhadap minat belajar PPKnSehingga penulis berasumsi bahwa dengan melakukan berbagai model pembelajaran akan menunjukkan suatu minat belajar dan prestasi belajar peserta didik dalam menerima proses. KataKunci :Model Pembelajaran Kreatif Dengan Model Pembelajaran ProduktifTerhadap Minat Belajar PPKn