PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWER POINT TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PKN PADA MATERI HAKEKAT DEMOKRASI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN

Main Author: Yusmiati, Yusmiati
Other Authors: Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan , 2018
Online Access: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/609
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/609/470
Daftar Isi:
  • Pengaruh Media Pembelajaran Microsoft Power Point Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran PKn Pada Materi Hakekat Demokrasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah:“Apakah Media Pembelajaran Microsoft Power point berpengaruh terhadap Minat Belajar mata pelajaran PKn pada materi Hakekat Demokrasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan?. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Penelitian asosiatif adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP negeri 4 Padangsidimpuan yang berjumlah 426 peserta didik yang terdiri dari 15 kelas, sedangkan sampel ditetaapkan secara acak 10 % dari jumlah populasi dengan jumlah 42 peserta didik. Rumus menguji hipotesis yang dipergunakan adalah rumus product momennt. Hasil analisis menunjukkan bahwa Dari hasil perhitungan koefesien korelasi maka diperoleh r = 0,992. Jika angka indek korelasi tersebut di korelasikan dengan “r” tabel product moment maka di dapat bahwa pada taraf signifikan 5% dengan n = 42 diperoleh 0,304. Dengan demikian dapat diketahui bahw nilai r hitung lebih besar dari pada r table yakni :0,992>0,304. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dapat di terima kebenarannya, yaitu Media Pembelajaran Microsoft Power Point berpengaruh terhadap minat belajar mata pelajaran PKn pada materi Hakekat Demokrasi. Besarnya pengaruh sebesar 99 % Kata Kunci: Model pembelajaran, Microsoft Power point, Minat Belajar