PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN EXPLICIT INSTRUCTION MATERI POKOK KONSUMSI PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 15 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Main Authors: Siregar, Yani Sukriah, Baroroh, Riski
Other Authors: Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan , 2018
Online Access: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/608
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/608/469
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran two stay two stray dan explicit instruction materi pokok konsumsi peserta didik di kelas X SMA Muhammadiyah 15 Sibolga tahun pelajaran 2016-2017. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian komparatif, yaitu penelitian yang bersifat membandingkan variabel yang satu dengan variabel yang lain terhadap objek yang berbeda.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kepustakaan, dan pendekatan penelitian lapangan yaitu pendekatan yang dilakukan oleh peneliti secara langsung baik menggunakan angket, atau pun tesPopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X semester 2 SMA Muhammadiyah 15 Sibolga sebanyak 40 orang peserta didik yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-1 dan kelas X-2.Sampel penelitian berjumlah 40 orang peserta didik, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-1 dan X-2. Hasil penelitian dengan menggunakan rumus “t-test polled varians” maka diperoleh thitung senilai 2,240 dengan melihat daftar ttabel dengan jumlah sampel 40 kemudian digunakan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 dan taraf kesalahan 5% (2,021). Kata Kunci: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran, Two Stay Two Stray