PERBANDINGAN ANTARA EFEKTIVITAS METODE SIMULASI DENGAN CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI POKOK HAK ASASI MANUSIA PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 30 SIHEPENG TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Main Authors: Riyana, Nurhalimah, Abidan, Abdul Aziz
Other Authors: Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan , 2018
Online Access: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/481
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/481/395
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah untuk mengkaji perbandingan prestasi belajar peserta didik antara penggunaan metode simulasi dengan metode ceramah pendidikan kewarganegaraan pada materi pokok hak asasi manusia peserta didik di kelas VII SMP Muhammadiyah 30 Sihepeng Tahun Pelajaran 2015-2016. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian secara Asosiatif yaitu untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih.Dan penelitian lapangan (field research)merupakan penelitian yang dilakukan secara langsung ke lokasi yang akan diteliti. Penulis menggunakan rumus t-test polled varians, Berdasarkan analisa di atas maka diperoleh nilai thitung yaitu 0,506 dengan melihat daftar ttabel dengan jumlah sampel 48 kemudian digunakan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 -2 dan taraf kesalahan 5% adalah 2,011 dengan demikian dapat diketahui thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,506