PERANAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI PADA MATERI POKOK PENDAPATAN NASIONAL PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 SAYURMATINGGI TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Main Authors: Agustina, Wulan Sari, baroroh, riski
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan , 2018
Online Access: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/349
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/349/287
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan test kepada peserta didik sebagai sampel penelitian. Selanjutnya untuk menguji hipotesis digunakan rumus korelasi product moment: rxy = (NΣXY-(ΣX)(ΣY))/√({NΣX^2-(ΣX)^2 }{NΣY^2-(ΣY)2}) Berdasarkan analisis data yang dilakukan melalui korelasi product moment maka diperoleh nilai rhitung 0,887, dan nilai rtabel 0,227 taraf kesalahan 5% dengan N = 75. Dari nilai tersebut dapat dilihat bahwa rhitung lebih besar dari pada rtabel yaitu 0,887 > 0,227 maka dapat dikatakan bahwa Ada Peranan Lingkungan Pendidikan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Pada Materi Pokok Pendapatan Nasional Peserta Didik Di Kelas X SMA Negeri 1 Sayurmatinggi Tahun Pelajaran 2016-2017. Kata Kunci: Peranan Lingkungan, Motivasi Belajar, Pendidikan Sekolah