PENGARUH MODEL RANCANGAN IDI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK IPS EKONOMI DI KELAS VII MTS.MUHAMMADIYAH 22 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Main Author: Siregar, Ali Nurdin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan , 2018
Online Access: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/348
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/348/286
Daftar Isi:
  • Abstrak Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research). Alat pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan melakukan angket dan tes. Kemudian untuk melihat apakah ada pengaruh model rancangan IDI terhadap prestasi belajar peserta didik IPS Ekonomi di kelas VII MTs. Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan, Penulis menggunakan rumus statistik yaitu korelasi product moment, yaitu : Dari perhitungan koefesien korelasi ganda tersebut maka diperoleh hasil r hitung = 0,432, hasil ini kemudian dibandingkan dengan r tabel dimana r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,432 > 0,37, maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model rancangan IDI terhadap prestasi belajar peserta didik IPS Ekonomi di kelas VII MTs. Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2017-2018. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran, Peserta Didik