PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TCREATIVE CASE STUDY (SCCS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI DENGAN MATERI POKOK PERBANKAN PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIHAPAS BARUMUN TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Main Authors: Gulo, Nur Indah Sari, Samosir, Benny Sofyan, anto, uli
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial , 2018
Online Access: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/322
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/322/267
Daftar Isi:
  • Model pembelajaran Student Creative Case Study (SCCS) apakah dapat dipergunakan untuk memotivasi belajar bidang studi ekonomi dengan materi pokok perbankan peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Sihapas Barumun Tahun Pelajaran 2016-2017.”? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan model pembelajaran Student Creative Case Study (SCCS) dalam belajar bidang studi ekonomi dengan melalui materi pokok perbankan. Dan untuk melihat sejauh mana motivasi belajar peserta didik dengan penggunaan model pembelajaran Student Creative Case Study (SCCS) pada bidang studi ekonomi. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) adalah dilakukan dengan melalui penelitian dilapangan secara langsung dengan melalui penyebaran angket dan wawancara bila diperlukan dan observasi, dan Penelitian Lapangan (Field Research) yaitu dilakukan melalui penelitian perpustakaan dan buku-buku leteratur, brosur, yang berkenaan dengan judul penulis. Sedangkan jenis penelitiannya adalah asosiatif: “Suatu hubungan antara dua variabel atau lebih yang kebetulan munculnya bersama. Sedangkan populasi penelitian adalah 68 orang peserta didik, sebagai sampel adalah kelas X.1 dengan jumlah 35 peserta didik dengan mempergunakan perhitungan secara product moment oleh Person Kata Kunci: Product Moment, Student Creative Case Study, Model Pembelajaran