PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PKn TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPNEGERI 4 BATANG ANGKOLA
Main Author: | yusmiati, yusmiati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/316 http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/316/261 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan pengamatan dan wawancara yang penulis lakukan terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 14Batang Angkola, ternyata bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn masih belum memuaskan. Fenomena ini diduga berhubungan dengan penguasaan kompetensi profesional guru di dalam melaksanakan tugasnya.Penguasaan kompetensi guru akan menimbulkan persepsi siswa terhadap kompetensi guru tersebut. Masalah penelitian ini adalah; “Apakah persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PKn berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Batang Angkola”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 70 siswa. Sampel ditetapkan secara keseluruhan, jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Alat pengumpul data yang penulis lakukan adalah angket yang berisi daftar pertanyaan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti, dan dokumentasi berupa daftar kumpulan nilai siswa. Rumus yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah rumus product moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PKn berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Batang Angkola sebesar 37,69 %. Kata Kunci: Perseppsi Siswa, Kompetensi Profesional Guru PKN, Hasil Belajar