PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn DALAM MATERI POKOK DEMOKRASI PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Main Authors: Tanjung, Asna Suryani, dongoran, putoro
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial , 2018
Online Access: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/315
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/315/260
Daftar Isi:
  • Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran PKn dalam materi pokok demokrasi peserta didik di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Angkola Selatan Tahun pelajaran 2016-2017 ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran PKn dalam materi pokok demokrasi peserta didik di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Angkola Selatan Tahun Pelajaran 2016-2017.Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Research). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif, yaitu untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Alat pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan menggunakan angket. diperoleh nilai rxy hitung = 0,951. Selanjutnya penulis menetapkan nilai rxy tabel dengan n = 30 dengan taraf 5% adalah 0,361 Untuk menguji kebenaran hipotesis dilakukan dengan ketentuan membandingkan nilai rxy hitung dengan rxy tabel. Dapat dilihat bahwa r hitung lebih besar dari nilai r tabel dengan taraf kesalahan 5% yaitu 0,951 > 0,361. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap peningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PKn dalam materi pokok demokrasi peserta didik di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Angkola Selatan Tahun Pelajaran 2016-2017. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Student Teams Achievement Division, Product Moment