PERANAN MODEL PEMBELAJARAN DEBATE TERHADAP PERESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DEGAN MATERI POKOK UANG PADA PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 BATANG NATAL TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Main Author: | Nurdin, Ali |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/313 http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/313/257 |
Daftar Isi:
- Peranan Model Pembelajaran Debate Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dengan Materi Pokok Uang Pada Peserta Didik. Metode penelitian, melalui kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (Field Research). jenis penelitian yang dipergunakan adalah asosiatif. Populasi kelas X adalah 68 orang sedangkan yang diambil sampel adalah kelas X. sebanyak 68 orang dengan mempergunakan rumus product moment. Berdasarkan analisa data diatas, maka diperoleh nilai hitung = 0,00, Untuk menguji kebenaran hipotesis dilakukan dengan ketentuan melihat peranan nilai rxy hitung dengan rxy tabel, dimana apabila nilai rxy hitung lebih besar atau sama dengan rxy tabel maka hipotesis alternatif (Ha) tidak diterima kebenarannya dan H0 diterima, dan sebaliknya apabila nilai rxy hitung lebih kecil dari rxy tabel, maka Ho diterima dan Ha tidak diterima kebenarannya. Berdasarkan ketentuan tersebut maka dapat dilihat bahwa nilai rxy hitung (0,004) lebih kecil dengan rxy tabel dengan taraf kesalahan 5 % atau 1 % (0,244 - 0,317 < 0,004), Kata Kunci: Model Pembelajaran Debate, Product Moment, Prestasi Belajar