PERSEPSI MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD DR A.DADI TJOKRODIPO KOTA BANDAR LAMPUNG

Main Authors: Puspita Sari, Damayanti, Farich, Ahcmad
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati , 2018
Online Access: http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/duniakesmas/article/view/416
http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/duniakesmas/article/view/416/351
Daftar Isi:
  • Kepuasan pasien merupakan salah satu hal sangat penting dalam meninjau mutupelayanan khususnya pelayanan suatu rumah sakit mendefenisikan kepuasan pasien darisisi yang berbeda, pasien memasuki rumah sakit dengan serangkaian harapan dankeinginan.Tujuan penelitian diketahuinya Persepsi Pasien Rawat Inap Tentang MutuPelayanan Kesehatan Dalam Hubungan Tingkat Kepuasaan Pasien Di RSUD Dr A. DadiTjokrodipo Kota Bandar Lampung Tahun 2014.Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif denga pendekatan crosssectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap RSUD Dr A. DadiTjokrodipo.Pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan teknik accidentalsampling sebanyak 67 sampel. Pengumpulan data melalui wawancara berpedoman padakuisioner, analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji chisquare.Hasil analisis univariat didapatkan (56,7%) pasien menyatakan tidak sesuai denganpelayanan yang sudah diberikan, pada persepsi kehandalan, persepsi ketanggapan,persepsi jaminan, persepsi empati, dan persepsi mutu layanan yang berwujud berturutturut(50,7%), (26,9%), (37,3%), (43,3%), dan (25,4%) pasien menyatakan Yaterhadap kepuasan pasien itu sendiri. Sedangkan analisis bivariat menujukan bahwa adahubungan antara persepsi tentang kehandalan (p-value = 0,004; OR = 5,048), persepsiketanggapan (p- value = 0,039; OR = 3,765), persepsi jaminan (p-value = 0,061; OR =3,000), persepsi empati (p-value = 0,003; OR 5,320) dan persepsi mutu layanan yangberwujud (p-value = 0,075 ;OR = 3,259) dengan kepuasaan pasien.Disarankan agar RSUD Dr A. Dadi Tjokrodipo Kota Bandar Lampung dapat terusmeningkatkan kualitas pelayanan khususnya tenaga kesehatan dengan cara mengadakanpelatihan untuk tenaga kerja secara berkalaKata Kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasaan Pasien