pengaruh empati dan keandalan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan di unit rawat inap kelas III rumah Sakit Umum Daerah Prabumulih Tahun 2019
Main Authors: | Pramita, Sintya, Samino, Samino, Ekasari, Fitri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati
, 2020
|
Online Access: |
http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/duniakesmas/article/view/155-163 http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/duniakesmas/article/view/155-163/pdf |
Daftar Isi:
- Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti terlihat pada survei yang peneliti lakukan di RS secara langsung pada tanggal 14-20 Maret 2019 dari 15 pasien yang di unit rawat inap kelas III rumah sakit, Dari 15 orang, sebanyak 10 (66,7%) pasien mengungkapkan bahwa sikap petugas yang tidak segera melayani saat pasien datang, kurang ramah dalam melayani pasien dan buru-buru saat melakukan pemeriksaan serta memberikan informasinya kurang jelas dan sebanyak 5 (33,3%) pasien mengungkapkan bahwa petugas melayani keluhan yang disampaikan dengan cepat. Tujuan Penelitian diketahui pengaruh empati dan keandalan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan di unit rawat inap kelas III rumah Sakit Umum Daerah Prabumulih tahun 2019. Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien peserta BPJS yang dirawat inap di kelas III, sampel diambil secara purposive sampling. Variabel bebasempati dan keandalan.Variabel terikat penelitian ini kepuasan pasien.Penelitian telah dilakukan bulan Mei 2019 di unit rawat inap kelas III rumah Sakit Umum Daerah Prabumulih. Pengumpulan data dengan kuesioner, analisis data secara univariat dan bivariat (chi square). Hasil penelitian diketahui dari 135 responden sebanyak 51,9% responden kurang puas terhadap pelayanan, sebanyak 50,4% responden mengatakan kehandalan petugas rumah sakit kurang baik dan sebanyak 56,3% responden mengatakan empati petugas rumah sakit kurang baik. Ada pengaruh keandalan dengan kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan di unit rawat inap kelas III rumah Sakit Umum Daerah Prabumulih tahun 2019. Ada pengaruh empati dengan kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan di unit rawat inap kelas III rumah Sakit Umum Daerah Prabumulih tahun 2019.