ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSONAL SELLING DAN DISTRIBUSI FISIK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA PENERBIT YUDHISTIRA TASIKMALAYA
Main Author: | Rohayana Kohir, Tatang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
SMK Pustek
, 2018
|
Online Access: |
http://ojspustek.com/index.php/SJR/article/view/28 http://ojspustek.com/index.php/SJR/article/view/28/23 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, personal selling dan distribusi fisik terhadap kepuasan pelanggan pada Jasa Penerbit Yudhistira Cabang Tasikmalaya, dan diharapkan penelitian ini memberikan manfaat berupa saran dan rekomendasi kepada Penerbit Yudhistira Cabang Tasikmalaya dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survey dan eksplanasi deskriptif. Jumlah populasi penelitian sebanyak 621, namun yang dijadikan sampel sebanyak 50 responden. Adapun teknik mengumpulkan data adalah kuesioner, dengan skala likert sebagai alat ukur. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur, yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji parsial, uji simultan dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien jalur sebesar 0,403. Personal selling berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien jalur sebesar 0,432. Distribusi fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien jalur sebesar 0,259. Hasil analisis simultan menunjukkan Kualitas Produk (X1), Personal Selling (X2), dan Distribusi Fisik (X3) mempunyai pengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan, sebesar 0.7438.