PENGARUH SERTIFIKASI DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH HAYATUL ISLAM JAKARTA

Main Author: Budi Utomo, Styo
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: SMK Pustek , 2018
Online Access: http://ojspustek.com/index.php/SJR/article/view/21
http://ojspustek.com/index.php/SJR/article/view/21/17
Daftar Isi:
  • Secara teoritis penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Hayatul Islam. Sedangkan tujuan praktis adalah untuk mengemukakan gejala-gejala kinerja guru, sehingga dari penelitian ini diajukan saran dan rekomendasi perbaikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah guru MI Hayatul Islam berjumlah 10 orang, dan unit analisis yang dijadikan sampel adalah guru yang telah lulus sertifikasi sebanyak 6 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah Non Parametrik Kruskall Wallis. Hasil penelitian mengemukakan bahwa sertifikasi berpengaruh terhadap kinerja guru MI Hayatul Islam dengan hasil KW = -38,438 < 12,5916. Suppervisi Kepala Sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru MI Hayatul Islam dengan hasil KW -38,559981 < 12,5916. Sertifikasi guru dan supervisi Kepala Sekolah secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru MI Hayatul Islam. Hasil penelitian menyebutkan rata-rata pengaruh tidak sama dengan hasil KW = 12,534 < 12,5916. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh sertifikasi guru dan Supervisi Kepala Sekolah yang dimiliki oleh masing-masing guru MI Hayatul Islam yang telah bersertifikasi berbeda baik secara kualitas maupun kuantitas