STUDI KOMPETENSI SOSIAL MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR ANGKATAN 2016 MELALUI UJIAN KOMPREHENSIF DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI
Main Authors: | Wardana, Aditia Eska, Nurochmah, Andi, Sutisnawati, Astri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Jakarta
, 2019
|
Online Access: |
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/5355 https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/5355/3587 |
Daftar Isi:
- Ujian komprehensif harus diikuti oleh siswa departemen pendidikan termasuk Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan kompetensi sosial siswa melalui pengujian komprehensif program studi pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Wawancara dan tes dilakukan pada 65 siswa dari program studi pendidikan guru sekolah dasar, penguji ujian komprehensif yang terdiri dari delapan dosen PGSD UMMI. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan kompetensi sosial siswa program studi pendidikan guru sekolah dasar melalui ujian komprehensif dikategorikan baik, karena mereka yang melampaui kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 69% atau 45 siswa, sedangkan 31% atau sebanyak Sebanyak 20 siswa di bawah KKM untuk kompetensi sosial.