Perbedaan regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas akselerasi dan siswa kelas reguler di Banjarmasin

Main Authors: Adipura, Kharisma, Yuniarrahmah, Emma, Akbar, Sukma Noor
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Psychology Study Program, Faculty of Medicine, Universitas Lambung Mangkurat , 2016
Subjects:
Online Access: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/ecopsy/article/view/497
https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/ecopsy/article/view/497/412
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian komparasi yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan regulasi diri dalam belajar berdasarkan perbedaan kelas dan jenis kelamin. Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banjarmasin dan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Banjarmasin yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur berupa skala regulasi diri dalam belajar. Hasil analisis data menggunakan Anava dua jalur menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas akselerasi dan siswa kelas reguler dan juga tidak ada perbedaan regulasi diri dalam belajar siswa berdasarkan jenis kelamin.