Faktor caring profesional perawat dalam memberikan pelayanan kepada klien di puskesmas
Main Authors: | Istiqomah, Ermina, Rachmah, Dwi Nur, Setyobudihono, Sudjatmiko |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Psychology Study Program, Faculty of Medicine, Universitas Lambung Mangkurat
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/ecopsy/article/view/4299 https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/ecopsy/article/view/4299/pdf |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPuskesmas sebagai penyedia layanan kesehatan dasar dituntut untuk selalu meningkatkan mutu pelayannya. Perawat sebagai SDM kesehatan dituntut untuk selalu memberikan pelayanan yang profesional kepada klien. Perawat memiliki tugas utama memberikan care. Perawat yang merawat klien berarti caring pada klien. Caring adalah adalah perilaku peduli sebagai wujud kinerja profesional perawat dalam memberikan pelayanan kepada klien. Oleh karena itu perlu ditemukan dan dikaji lebih lanjut bagaimana faktor caring yang dimiliki perawat profesional di Puskesmas. Tujuan penelitian adalah mengetahui faktor-faktor perilaku caring professional perawat dalam memberikan pelayanan kepada klien. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner caring kepada 99 orang perawat Puskesmas sebagai responden penelitian. Teknik analisis faktorial dengan AMOS dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor pembentuk perilaku caring perawat. Hasil menunjukkan faktor caring perawat Puskesmas adalah humanistik altruistik, keyakinan dan pengharapan, sensitivitas, saling percaya, ekspresi perasaan positif negatif, pemecahan masalah kreatif, belajar mengajar interpersonal, menciptakan lingkungan suportif, protektif, korektif, membantu kebutuhan dasar manusia, mengakui fenomena spritual dengan loading factor di atas 0,03. Implikasi penelitian ini adalah terbentuknya instrumen caring yang memuat faktor-faktor perilaku caring profesional perawat dalam memberikan pelayanan kepada klien. Instrumen caring dapat digunakan untuk mengukur perilaku caring perawat dan sebagai instrumen untuk pengembangan penelitian selanjutnya.Kata kunci: Faktor Caring, Kinerja Profesional, Perawat PuskesmasABSTRACTPuskesmas as the provider of basic health services are required to always improve the quality of servants. Caring behavior as a form of professional performance of nurses in providing services to clients,therefore need to be found and studied further how caring factor owned by professional nurse. The purpose of this study to knows the factors of carings behavior of professional of nurses in providing services to clients. This research was conducted by distributing caring questionnaires to 99 nurses of Puskesmas as research respondents. Factorial analysis technique with AMOS was done to find out the factors forming caring behavior of nurse. The results showed were altruistic humanistic, confidence and expectation, sensitivity, mutual trust, positive-negative feelings, creative problem solving, interpersonal teaching learning, creating a supportive, protective, corrective environment, helping basic human needs, recognizing spiritual phenomena with loading factor above 0.03. The implication of this research is the formation of caring instrument that contains caring factors of professional caring nurses in providing services to clients. Caring instruments can be used to measure caring behavior of nurses and as instruments for further research development.Keywords: Caring Factor, Professional Performance, Nurse at Puskesmas