PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 016 LANGGINI KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Surya, Yenni Fitra
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Matematika , 2017
Online Access: https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/7
https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/7/5
ctrlnum article-7
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 016 LANGGINI KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Surya, Yenni Fitra</creator><description lang="en-US">Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 016 Langgini di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Dari 27 siswa hanya 13 siswa yang mencapai KKM yaitu sekitar 48%. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 016 Langgini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 016 Langgini Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 27 orang. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis disimpulkan melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL)&amp;nbsp; dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi menyelesaikan masalah yang melibatkan uang. Meningkatnya aktivitas guru dalam proses pembelajaran disebabkan karena guru sudah terbiasa menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Hasil belajar siswa&amp;nbsp; mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa sebelum tindakan yang mencapai KKM hanya 13 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 48%. Kemudian pada siklus I siswa yang mencapai KKM hanya 19 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 70%. Siklus II siswa yang mencapai KKM 25 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 92%</description><publisher lang="en-US">Prodi Pendidikan Matematika</publisher><date>2017-05-01</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/7</identifier><identifier>10.31004/cendekia.v1i1.7</identifier><source lang="en-US">Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika; Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika; 38-53</source><source>2579-9258</source><source>2614-3038</source><language>eng</language><relation>https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/7/5</relation><recordID>article-7</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Surya, Yenni Fitra
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 016 LANGGINI KABUPATEN KAMPAR
publisher Prodi Pendidikan Matematika
publishDate 2017
url https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/7
https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/7/5
contents Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 016 Langgini di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Dari 27 siswa hanya 13 siswa yang mencapai KKM yaitu sekitar 48%. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 016 Langgini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 016 Langgini Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 27 orang. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis disimpulkan melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL)&nbsp; dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi menyelesaikan masalah yang melibatkan uang. Meningkatnya aktivitas guru dalam proses pembelajaran disebabkan karena guru sudah terbiasa menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Hasil belajar siswa&nbsp; mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa sebelum tindakan yang mencapai KKM hanya 13 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 48%. Kemudian pada siklus I siswa yang mencapai KKM hanya 19 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 70%. Siklus II siswa yang mencapai KKM 25 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 92%
id IOS6541.article-7
institution Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
institution_id 1149
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Prodi Pendidikan Matematika
library_id 1674
collection Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
repository_id 6541
subject_area Mathematics for Elementary Education/Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Secondary Education in Indonesia/Pendidikan Lanjutan di Indonesia
Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
Mathematics/Matematika
city Bangkinang
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6541
first_indexed 2018-12-26T06:40:30Z
last_indexed 2019-05-09T13:30:33Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686439555118399488
score 17.538404