PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 016 LANGGINI KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Surya, Yenni Fitra |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Matematika
, 2017
|
Online Access: |
https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/7 https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/7/5 |
ctrlnum |
article-7 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 016 LANGGINI KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Surya, Yenni Fitra</creator><description lang="en-US">Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 016 Langgini di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Dari 27 siswa hanya 13 siswa yang mencapai KKM yaitu sekitar 48%. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 016 Langgini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 016 Langgini Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 27 orang. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis disimpulkan melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL)&nbsp; dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi menyelesaikan masalah yang melibatkan uang. Meningkatnya aktivitas guru dalam proses pembelajaran disebabkan karena guru sudah terbiasa menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Hasil belajar siswa&nbsp; mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa sebelum tindakan yang mencapai KKM hanya 13 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 48%. Kemudian pada siklus I siswa yang mencapai KKM hanya 19 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 70%. Siklus II siswa yang mencapai KKM 25 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 92%</description><publisher lang="en-US">Prodi Pendidikan Matematika</publisher><date>2017-05-01</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/7</identifier><identifier>10.31004/cendekia.v1i1.7</identifier><source lang="en-US">Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika; Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika; 38-53</source><source>2579-9258</source><source>2614-3038</source><language>eng</language><relation>https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/7/5</relation><recordID>article-7</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Surya, Yenni Fitra |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 016 LANGGINI KABUPATEN KAMPAR |
publisher |
Prodi Pendidikan Matematika |
publishDate |
2017 |
url |
https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/7 https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/7/5 |
contents |
Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 016 Langgini di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Dari 27 siswa hanya 13 siswa yang mencapai KKM yaitu sekitar 48%. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 016 Langgini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 016 Langgini Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 27 orang. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis disimpulkan melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi menyelesaikan masalah yang melibatkan uang. Meningkatnya aktivitas guru dalam proses pembelajaran disebabkan karena guru sudah terbiasa menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa sebelum tindakan yang mencapai KKM hanya 13 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 48%. Kemudian pada siklus I siswa yang mencapai KKM hanya 19 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 70%. Siklus II siswa yang mencapai KKM 25 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 92% |
id |
IOS6541.article-7 |
institution |
Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai |
institution_id |
1149 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Prodi Pendidikan Matematika |
library_id |
1674 |
collection |
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika |
repository_id |
6541 |
subject_area |
Mathematics for Elementary Education/Berhitung untuk Pendidikan Dasar Secondary Education in Indonesia/Pendidikan Lanjutan di Indonesia Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika Mathematics/Matematika |
city |
Bangkinang |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6541 |
first_indexed |
2018-12-26T06:40:30Z |
last_indexed |
2019-05-09T13:30:33Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1686439555118399488 |
score |
17.538404 |