Pengembangan Soal Matematika Berbasis Kearifan Lokal dan Daya Tarik Wisata Riau Pada Tahap Preliminary Research

Main Authors: Zulfah, Zulfah, Insani, Sri Ulfa
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Matematika , 2020
Online Access: https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/311
https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/311/187
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan terhadap soal matematika berbasis kearifan lokal dan daya tarik wisata Riau, karakter peserta didik, kurikulum dan konsep di kelas VII dan VIII SMP/MTs. Hal  ini perlu dilakukan sebagai dasar dalam pelaksanaan pengembangan soal matematika dengan konteks tersebut.  Tahap preliminary research ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan model Plomp yang terdiri dari preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase.  Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah daftar check, pedoman wawancara, dan catatan harian. Sekolah yang dijadikan sebagai subjek penelitian adalah SMPN 35 Pekanbaru, SMPN 3 Koto Kampar Hulu, MTs 6 Kampar dan lima sekolah lainnya. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan soal yang tersedia disimpulkan perlunya soal matematika dengan konteks tersebut, selain dapat dijadikan sebagai alat ukur kemampuan matematis peserta didik, juga dapat memberikan kesan kepada peserta didik terutama membentuk sikap yang baik sesuai dengan tujuan dari mata pelajaran matematika. Hasil analisis peserta didik diperoleh kesimpulan bahwa peserta didik tertarik dengan soal-soal matematika yang berkonteks tersebut, karena memang pada dasarnya mereka juga pernah ikut dalam pelaksanaan kearifan lokal tersebut, serta pernah mengunjungi daerah wisata yang ada di Provinsi Riau. Pada kurikulum kelas VII dan VIII seluruh materi dapat dikaitkan dengan konteks yang dimaksud. Berdasarkan analisis konsep terdapat  susunan materi yang perlu dilakukan perbaikan.