Efektivitas Model Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Ditinnjau Dari Self-Efficacy

Main Authors: Sugandi, Asep Ikin, Akbar, Padillah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Matematika , 2020
Online Access: https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/295
https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/295/182
Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasari masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMP di kota cimahi dan tujuan dari penelitian ini adalah menelaah efektivitas model Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan komuunikasi matematis siswa SMP ditinjau dari self efficacay. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, Populai dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP di kota Cimahi sedangkan sampelnya dipilih dua kelas VII dari salah satu SMP di kota Cimahi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah seperangkat soal kemampuan komunikasi matematik siswa yang berjumlah 35 siswa dan non tes yang berisi 25 pertanyaan mengenai self-efficacy. Soal soal tersebut sudah memenuhi syarat instrumen yang baik ditinjau dari segi validitas, reliabilias, daya pembeda dan indeks kesukaran. Berdasarkan hasil pengolahan data didapat hasil sebagai berikut : Penerapan Model Student facilitator explaining efektif dalam pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau secara keseluruhan maupun dari segi self-efficacy, terdapat interaksi antara model pembelajaran student facilitator and explaining dan self-efficacy terjadap kemampuan komunikasi siswa SMP.