Profil APOS siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Linear dan Grafiknya

Main Authors: Palias, Findrianti, Mampouw, Helti Lygia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Matematika , 2020
Online Access: https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/231
https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/231/204
Daftar Isi:
  • Aksi, proses, objek dan skema adalah tahapan penting untuk mendeskripsikan perkembangan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil aksi, proses, objek dan skema siswa SMP dalam menyelesaikan soal fungsi linear dan grafiknya.  Jenis  penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti adalah  instrumen utama yang dibantu  oleh soal  tes kemampuan matematika  dan  pedoman  wawancara. Subjek terdiri dari 3 siswa kelas IX SMP masing-masing 1 berkemampuan  matematika tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap aksi, ketiga subjek memiliki perbedaan kefasihan menjelaskan secara verbal maksud dari soal. Subjek berkemampuan matematika tinggi sangat fasih yang ditunjukkan dengan menguasai persoalan, cepat dalam bertutur dan menyampaikannya secara sistematis sedangkan 2 subjek lainnya yang mengalami masalah dalam menguasai persoalan. Tahap proses subjek berkemampuan matematika tinggi dan sedang terlihat pada penyajian situasi matematika yang berkaitan dengan permasalahan serta mengklasifikasi objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut, dengan menentukan domain dan range fungsi. Tahap objek subjek berkemampuan matematika tinggi dan sedang menerapkan konsep dan prosedur antara domain dan range dengan menghubungkan titik-titik pada diagram kartesius dan menjadikannya garis pada grafik. Hanya subjek berkemampuan matematika tinggi yang mampu mencapai skema, mengembangkan konsep yang telah dipelajari dan menemukan rumus fungsi dengan cara coba-coba.