Pengembangan Modul Geometri Berbasis Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru
Main Author: | Zamzam, Kenys Fadhilah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Matematika
, 2020
|
Online Access: |
https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/226 https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/226/147 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul geometri berbasis reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa calon guru. Tahap-tahap pengembangan modul menggunakan model pengembangan Plomp. Hasil validasi modul diperoleh rata-rata secara keseluruhan sebesar 3,4 dimana modul yang dikembangkan masuk dalam kategori valid atau layak digunakan. Hasil rata-rata praktikalitas sebesar 3,0 dimana masuk dalam kategori praktis digunakan. Hasil efektivitas dinilai dari kemampuan komunikasi matematis mahasiswa calon guru yaitu meningkat sebesar 0,52 dimana masuk dalam kategori sedang dan hasil rata-rata respon mahasiswa sebesar 2,52 yang menunjukkan mahasiswa memberikan respon positif terhadap modul geometri berbasis reciprocal teaching. Maka secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa modul geometri berbasis reciprocal teaching mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa calon guru