Analisis Kesulitan Siswa MTs Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Perbedaan Gender

Main Authors: Maspupah, Anti, Purnama, Alan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Matematika , 2020
Online Access: https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/193
https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/193/133
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)  ditinjau dari perbedaan gender . Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 8 siswa, yaitu 4 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Instrumen dalam penelitian adalah tes berbentuk uraian  sebanyak 3 soal mengenai Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Presentase rata-rata siswa perempuan sebesar 26,7% dan presentase siswa laki-laki sebesar 18,3%. Nilai keduanya di bawah 50% dan dikategorikan rendah. Untuk soal no 1 presentase  jawaban siswa perempuan 35% sedangkan siswa laki-laki 20%. Untuk soal no 2 presentase jawaban siswa perempuan dan siswa laki-laki sama yaitu 10%. Untuk soal no 3 presentase jawaban siswa perempuan 35% dan siswa laki laki 25%. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) adalah siswa sulit dalam mengubah soal cerita ke dalam kalimat matematika, siswa sulit memahami informasi yang disajikan sehingga tidak dapat membuat penyelesaian, siswa tidak dapat menentukan himpunan penyelesaian menggunakan eliminasi dan substitusi dan siswa sulit memahami konsep SPLDV.