Analisis Kesalahan Siswa Kesalahan VIII SMP di Kabupaten Bandung Barat dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Perbandingan Ditinjau dari Gender

Main Authors: Agnesti, Yuni, Amelia, Risma
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Matematika , 2020
Online Access: https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/186
https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/186/125
Daftar Isi:
  • enelitian  dilakukan di SMP Pasundan Rongga pada bulan November 2019. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bentuk kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII A dalam menyelesaikan soal cerita. Analisis data yang digunakan mengacu pada analisis kesalahan pada langkah-langkah mengerjakan soal, apakah siswa bisa menyelesaikan dengan tepat, bisa menyelesaikan  sesuai dengan intruksi soal yang diminta, dan apakah siswa bisa menyelesaikan soal dengan pemodelan matematikanya. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A. Pemilihan sampel didasarkan pada siswa laki-laki dan perempuan. Berdasarkan penelitian, terdapat beberapa bentuk kesalahan yang dilakukan, diantaranya kesalahan siswa laki-laki pada soal nomor 1 sebanyak 85,56%,  nomor 2 sebanyak 91,67%, nomor 3 sebanyak 88,67%. Sedangkan Kesalahan siswa perempuan pada soal nomor 1 sebanyak 55,56%, nomor 2 sebanyak 45,83%, nomor 3 sebanyak 50%. Selanjutnya diperoleh kesimpulan, bahwa siswa laki-laki memiliki tingkat kesalahan yang tinggi dibanding  siswa perempuan. Karena pada saat diwawancara juga mengatakan bahwa di dalam soal  cerita itu rendah dalam menguasai soal dan perhitungan , kurang  memahami apa makna dari soal dan apa yang harus dicari dari soal-soal tersebut