Implementasi Algoritma IDA* (Iterative Deepening A*) Dalam Menentukan Solusi Terbaik Pada Permainan Othello Dengan Simulasi MATLAB

Main Authors: Hidayatullah, Halilintar Nur, Romdhini, Mamika Ujianita, Irwansyah, Irwansyah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Matematika, Universitas Mataram , 2018
Subjects:
a*
AI
Online Access: http://www.eigen.unram.ac.id/index.php/eigen/article/view/1
http://www.eigen.unram.ac.id/index.php/eigen/article/view/1/2
http://www.eigen.unram.ac.id/index.php/eigen/article/downloadSuppFile/1/1
Daftar Isi:
  • Permainan Othello adalah permainan logika asal jepang. Permainan ini dimainkan oleh dua orang pada papan persegi dengan bidak hitam dan bidak putih. Dibutuhkan strategi yang jitu untuk meraih kemenangan, sehingga pada penelitian ini memiliki 2 tujuan, pertama untuk menganalisis langkah-langkah yang akan ditentukan menggunakan algoritma IDA* (Iterative Deepening A*) yang dinotasikan sebagai f(n) = g(n) + h(n) dengan g(n) adalah jumlah langkah dari simpul awal menuju simpul n dengan m jumlah simpul, dan h(n) adalah jarak perkiraan dari simpul n menuju simpul tujuan. Kedua didapatkan hasil simulasi berdasarkan pemrograman MATLAB.Pada program simulasi ini digunakan matriks ukuran 6 × 6 dengan simbol 1, 2, dan 0 yang masing-masing merepresentasikan bidak hitam, bidak putih, dan kotak yang masih kosong. Dengan salah satu solusi yang didapat pada program adalah hitam (9), putih (20), hitam (26), putih (10), hitam (11), putih (17), hitam (23), putih (27), hitam (8), putih (6), hitam (12), putih (14), hitam (33), putih (28), hitam (29), putih (31), hitam (25), putih (30), hitam (7), putih (2), hitam (18), putih (13), hitam (19), putih (36), hitam (35), putih (1), hitam (3), putih (34), hitam (32), putih (4), hitam (5), putih (24). Dengan bobot -min pada tiap iterasi 14, 15, 16, 17, 20, 15, 16, 18, 15, 16, 18, 17, 13, 14, 15, 16.