Pengaruh Brand Trust, Brand Equity dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Teh Botol Sosro di Wonosobo)
Main Author: | Apriliani, R. Aj. EP. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UNSIQ
, 2019
|
Online Access: |
https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/687 https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/687/403 |
Daftar Isi:
- Persaingan yang semakin ketat dan semakin berkembangnya ekspektasi pelanggan mendorong perusahaan untuk lebih memfokuskan pada upaya untuk mempertahankan pelanggan yang ada. Dalam jangka panjang, loyalitas pelanggan merupakan basis penting bagi pengembangan sustainable competitive advantage (keunggulan bersaing yang berkelanjutan), yaitu keunggulan yang dapat direalisasikan Persaingan yang semakin ketat dan semakin berkembangnya ekspektasi pelanggan mendorong perusahaan untuk lebih memfokuskan pada upaya untuk mempertahankan pelanggan yang ada. Mempertahankan pasar yang ada melalui pengembangan loyalitas pelanggan merupakan tujuan strategik perusahaan untuk mempertahankan bisnis dan profit mereka (Aminee, 1998). Dalam jangka panjang, loyalitas pelanggan merupakan basis penting bagi pengembangan sustainable competitive advantage (keunggulan bersaing yang berkelanjutan), yaitu keunggulan yang dapat direalisasikan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh brand equity terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh brand image berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan Teh botol sosro di Wonosobo. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan sampel yang digunakan sebanyak 97 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan Brand trust berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan (H1 diterima). Brand equity berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan (H2 diterima)., Brand image berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan (H3 diterima).