PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN (STUDI EMPIRISDI UMKM BATAKO KECAMATAN KEPIL KABUPATEN WONOSOBO)
Main Author: | Apriliani O. D, R. AJ. E. P |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UNSIQ
, 2018
|
Online Access: |
https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/450 https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/450/269 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar inovasi, orientasi kewirausahaan terhadap strategi bersaing dan pengaruh pengalaman terhadap strategi bersaing. Untuk menganalisis pengaruh strategi bersaing terhadap kinerja pemasaran pada UMKM batako di Kecamatan Kepil. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo. Dalam penelitian ini, pengambilan sampel menggunakan teknik sensus sampling yaitu teknik mengambil sampel dengan mengikut sertakan semua anggota populasi untuk dijadikan sampel. Jadi jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 UMKM Batako. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Orientasi Pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran (H1 diterima). Artinya bahwa pengusaha yang berorientasi untuk memperluas jangkauan pemasaran akan merencanakan kinerja pemasaran dengan baik. Inovasi berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran (H2 diterima). Artinya bahwa pengusaha yang selau melakukan inovasi dalam berproduksi akan membuat kinerja pemasaran yang dirancangnya menjadi lebih baik. Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran (H3 diterima). Artinya pengusaha yang mempunyai jiwa kewirausahaan akan selalu merancang strategi keunggulan dengan matang.