Pemanfaatan Teknologi Bidang Pemasaran Dan Keuangan Untuk Peningkatan Potensi SDM Pada UKM Sedana Mebel

Main Author: Sumiari, Ni Kadek
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Bagian P2M STIKOM Bali , 2019
Online Access: https://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/126
https://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/126/67
Daftar Isi:
  • Mebel atau Furniture merupakan salah satu perlengkapan rumah tangga yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Mebel biasanya digunakan untuk mendukung pada banyak aspek dalam kegiatan sehari-hari mulai dari awal beraktifitas di pagi hari hingga selesai beraktifitas di siang hari. Salah satu usaha mebel yang ada di Desa Lebih Gianyar adalah Sedana Mebel yang dimiliki oleh Ni Kadek Lisna Dewi. Sedana Mebel adalah Industri Rumah Tangga yang membuat Furniture sesuai dengan pesanan dari pelanggan. Jumlah penghasilan dari sedana mebel tidak bisa dipastikan karena mitra belum memiliki pencatatan keuangan serta belum memiliki corporte identity sebagai identitas dari usahanya selain itu ukm juga belum memiliki media pemasaran online. Untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh mitra maka dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah sosialisasi tentang kegiatan yang akan dilakukan, memberikan pemahaman pentinganya corporate identity kepada UKM, pembuatan desain corporate identity serta memberikan pelatihan keuangan sederhana menggunakan buku kas serta aplikasi keuangan berbasis android untuk UKM. Selain itu mitra juga diberikan pelatihan tentang sosial media sebagai media pemasaran bagi UKM. Kegiatan ini dilakukan selama delapan bulan. Dengan adanya kegiatan ini UKM memahami pentingnya corporate identity, memiliki corporate identity, memiliki sarana pemasaran online serta mampu membuat catatan keuangan sederhana menggunakan buku kas dan aplikasi keuangan berbasis android.