UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DIKELAS MELALUI BRIEFING KEDISIPLINAN

Main Author: Tangkan, Tangkan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: PBSI STKIP Persada Khatulistiwa Sintang , 2019
Online Access: http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/KAN/article/view/965
http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/KAN/article/view/965/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kedisiplinan guru dalam mengajar melalui briefing kedisplinan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS). Dalam jangka waktu kurang lebih 1 bulan, dengan konsep 2 kali pelaksaan program briefing kedisiplinan berdampak positif bagi proses peningkatan Disiplin guru dalam kehadiran mengajar dikelas. Program briefing kedisiplinan seperti ini sangat cocok sekali di terapkan pada guru. Dengan demikian upaya meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran mengajar dikelas melalui briefing kedisiplinan oleh kepala sekolah SD Negeri 11 Umin Jaya tepat sasaran. Hasil dari refleksi pelaksanaan briefing kedisiplinan 10 hari pertama ini mengahasilkan skor hasil observasi 48 Hal tersebut belum memenuhi skor harapan yaitu 74,25. Hasil refleksi pelaksanaan briefing kedisiplinan 10 hari ke 2 ini mengahasilkan skor 99 artinya kedisiplinan guru sudah sangat baik karena mencapai skor maksimal yaitu 99. Adapun hasil angket juga menunjukkan hasil yang sama dengan hasil observasi, skor yang di dapat pada 10 hari pertama adalah 88 masih jauh dari skor maksimal yaitu 99 namun guru sudah menunjukkan perubahan ke lebih baik dalam hal kedisiplinan. hasil angket juga menunjukkan skor yang sangat bagus yakni 99 dengan skor maksimal 99. Hal ini menunjukkan bahwa kedisiplinan guru sdh sangat baik. Kata Kunci: Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Dikelas, Briefing Kedisiplinan