Game Edukasi Kewirausahaan Berbasis Animasi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Bagi Siswa SMK

Main Authors: -, Supriyanto, Findawati, Yulian
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Bagian Perpustakaan dan Publikasi Ilmiah - Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali , 2011
Online Access: https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/202
https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/202/148
Daftar Isi:
  • Saat ini belum adanya alternatif  bahan ajar kewirausahaan selain text book kewirausahaan. Dalam penelitian ini penulis akan game edukasi kewirausahaan  sebagai alternatif bahan ajar. Game edukasi  ini menggunakan pendekatan Problem Based Learning  berupa metode belajar yang menggunakan masalah  sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dan beraktifitas secara nyata (Autentik). Dimana pendekatan Problem Based Learning  ini akan dibangun dalam bentuk multimedia interaktif  game edukasi menggunakan software Macromedia Flash MX.  Sesuai dengan istilah yang digunakan, game edukasi yang diimplementasikan ke dalam bentuk game ini merupakan sebuah game yang terdiri atas beberapa level, para pemain diajak untuk memerankan tokoh/karakter wirausaha  yang akan mengetahui permasalahan di dalam kewirausahaan yaitu analisa kelayakan usaha Break Event Point dan Kelayakan strategi tempat serta pelayanan  customer. Sehingga dengan bermain Game siswa mampu melatih kontrol diri, bersikap sportif, melatih kecerdasan, kreatifitas, kelogikaan dan reflek saraf.