ANALISIS KESESUAIAN PENEMPATAN GURU TETAP DENGAN MODEL MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI) DAN TINGKAT MOTIVASI GURU TETAP DI SDIT UMMUL QURO BOGOR TAHUN 2013
Main Author: | Wardhani, Yustiana |
---|---|
Other Authors: | Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Binaniaga |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STIE Binaniaga
, 2019
|
Online Access: |
https://www.e-journal.stiebinaniaga.ac.id/index.php/jurnal_Ilmiah/article/view/337 https://www.e-journal.stiebinaniaga.ac.id/index.php/jurnal_Ilmiah/article/view/337/286 |
Daftar Isi:
- Dari 64 guru tetap yang dijadikan sebagai responden terdapat 43 orang (67%) yang sesuai penempatan kerja sebagai pengajar dan 21 orang (33%) yang memiliki potensi lain. Tingkat motivasi guru teteap SDIT Ummul Quro Bogor secara umum termasuk ke tingkat 3 dari hierarki teori maslow, yaitu tingkat kebutuhan sosial.Gambaran kesesuaian penempatan guru tetap dengan model perilaku MBTI dan Tingkat Motivasi Guru Tetap Ummul Quro Bogor menunjukkan bahwa guru tetap baik laki-laki maupun perempuan yang sesuai penempatan kerjanya ataupun tidak, berada pada tingkat motivasi yang sama yaitu tingkat pertama berada pada tingkat sosial dengan rincian berjumlah 20 orang (31%) untuk yang sesuai, dan 14 orang (22%) untuk yang tidak sesuai, yang kedua tingkat motivasi primer atau kebutuhan fisiologis dengan jumlah masing masing 17 orang (27%) untuk yang sesuai dan 12 orang (19%) yang belum sesuai. Kata Kunci : Kesesuaian Penempatan, Motivasi, Guru Tetap.