POLA PERPINDAHAN PENGGUNAAN MEREK HANDPHONE DI KALANGAN MAHASISWA Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Binaniaga
Main Authors: | Djan, Ismulyana, Ruvendi, Ramlan |
---|---|
Other Authors: | STIE Binaniaga |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STIE Binaniaga
, 2006
|
Online Access: |
https://www.e-journal.stiebinaniaga.ac.id/index.php/jurnal_Ilmiah/article/view/198 https://www.e-journal.stiebinaniaga.ac.id/index.php/jurnal_Ilmiah/article/view/198/161 |
Daftar Isi:
- penelitian ini bertujuan untuk : 1. mengidentifikasi alasan mahasiswa STIE Binaniaga memilih merek handphone tertentu sebagai alat komunikasi, 2. untuk mengetahui perpindahan penggunaan suatu merek handphone ke merek lainnya, dan 3. membuat proyeksi pangsa pasar handphone dikalangan mahasiswa. Dengan responden mahasiswa STIE Binaniaga sebanyak 76 orang dan menggunakan analisis Rantai Markov diperoleh kesimpulan bahwa : • Merek handphone yang banyak diminati responden adalah Nokia, dipilih karena pengoperasiannya mudah serta fiturnya lengkap. Urutan kedua ditempati Sony Ericsson dipilih karena mudah pengoperasian, fiturnya lengkap dan sekedar mencoba-coba. Sedangkan Motorola dibeli karena fitur lengkap dan harganya murah. Merek lainnya juga dipilih karena murah harganya. • Merek handphone seperti Nokia, Siemen, Philips, Samsung, Motorola mengalami pergeseran peminatan kecuali Sony Ericsson dan merek handphone lainnya (merek-merek yang tidak diperhitungkan) mengalami kenaikkan. • Pangsa pasar yang tetap stabil dalam tahun 2007-2009 diprediksi adalah Sony Ericsson, sedangkan Nokia, Motorola dan Samsung mengalami penurunan..