PENGARUH PENDEKATAN CTL DENGAN SOAL OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA

Main Authors: Hidayat, Puput Wahyu, -, ABDULAH
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LP3M Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Muara Bungo , 2018
Online Access: http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/55
http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/55/19
Daftar Isi:
  • The purpose of the study was to analyze the effect contextual teaching and learning approach with open ended question toward creative thinking ability at PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. The Research concept used quantitative research, with pretest-posttest non-equivalent group design. This Research population include all members od second semester student which has 4 classes. Meanwhile, two choosen classes made for an example of Research it was Class B and C. Test instruments were used to describe the creative thinking ability question. The founding of the research showed that; 1) The data analysis (average score) shown that student’s creative thinking ability for ekperimen class in range very high level, posttest average score is 80,93; 2) for control class in range high level, posttsest average score is 78,40. 3) Contextual teaching and learning approach with open ended question is better than conventional approach toward creative thinking ability.
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan contextual teaching and learning dengan pemberian soal open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Rancangan  penelitian  yang  dilakukan  oleh  peneliti  adalah  dengan  menggunakan  metode penelitian kuantitatif dengan desain pretest-posttest non-equivalent group design. Populasi penelitian mencakup semua mahasiswa semester II PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo yang terdiri atas 4 kelas. Sementara itu, dua kelas terpilih dijadikan sebagai sampel penelitian, Kelas B dan Kelas C. Kemampuan berpikir kreatif diukur dengan menggunakan instrument tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  1) nilai rata-rata kelas eksperimen berada pada kategori sangat tinggi dengan nilai 80,93. 2) untuk kelas kontrol berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata posttest sebesar 78,40. 3) pendekatan contextual teaching and learning dengan pemberian soal open ended lebih baik darapida pendekatan konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.